Manfaat Kopi Untuk Kesehatan Mata

perempuan minum kopi
Ilmuwan menemukan salah satu zat dari kopi bermanfaat untuk mata tetap awas dan mengatasi dari kebutaan

Menurut para ilmuwan, secangkir minuman ini dapat memberikan dorongan energi, tapi tidak hanya itu, kopi juga membantu mencegah perkembangan gangguan penglihatan dan kebutaan akibat degenerasi retina, diabetes dan akibat pertambahan usia. 

Biji kopi digongseng mengandung 1% kafein, tetapi mereka juga mengandung 7-9 persen asam chlorogenic, yaitu antioksidan kuat yang mencegah degenerasi retina yang di uji coba ke seorang tikus. 

Investigasi efek asam ini dilakukan di Cornell University, dan hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry. 

Retina adalah lapisan tipis di bagian dalam belakang mata yang didalamnya terdapat jutaan sel yang peka cahaya yang menerima dan mengatur informasi visual. 

Lapisan ini juga sangat aktif bermetabolisme dan membutuhkan tingkat tinggi oksigen. 

Itulah mengapa mata sangat sensitif terhadap stres oksidatif, apabila kekurangan oksigen dan bisa menjadi makin parah terpapar radikal bebas atau polusi sehingga bisa menyebabkan kerusakan pada retina dan kehilangan penglihatan atau kebutaan. 

Dalam percobaan pada tikus digunakan oksida nitrat yang menyebabkan stres oksidatif dan mengarah pada pembentukan radikal bebas, yang menyebabkan degenerasi retina.
"Penelitian ini sangat penting untuk memahami manfaat dari produk alami yang memiliki dampak positif pada kesehatan kita," - kata Chang Lee, profesor nutrisi dan penulis studi. "Kopi adalah salah satu minuman yang paling populer di dunia, dan sekarang kita baru menyadari bahwa ada manfaat yang bisa di dapat dari konsumsi kopi," - tambah Lee.  
Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kopi mengurangi risiko terkena penyakit seperti penyakit Parkinson, kanker prostat, diabetes, dan penyakit Alzheimer. 

Asam klorogenat dan turunannya diserap dalam usus, tetapi hanya bisa dipelajari untuk mengetahui apakah penggunaan kopi mempromosikan penetrasi asam melalui penghalang antara pembuluh darah dan retina. 

Jika asam klorogenat dari kopi dapat disampaikan langsung ke retina mata, maka dokter segera mungkin akan merekomendasikan minuman ini kepada pasien mereka untuk mencegah gangguan penglihatan akibat degenerasi retina. 

Selain itu, di masa depan dapat dirancang tetes mata khusus yang mengandung asam klorogenat. 

Mari mulai hidup Anda dengan secangkir kopi di pagi hari dan ingat konsumsi kopi setelah selesai makan atau sarapan untuk mencegah kerusakan sistem pencernaan.

Komentar